السلا م عليكم ورحمة الله وبر كا ته
Dari Blog ini, Anda akan di tuntun sedikit demi sedikit untuk menuju pencapaian insan muttaqien, selamat bertamasya di blog sederhana ini....... semoga bermanfaat [salam ukhuwah dari ikhwan garut]

Jumat, 01 Januari 2010

Hakikat Taqwa

بسم الله اللر حمن الر حيم
Taqwa yang tertanam di dada lahir sebagai konsekuensi logis dari keimanan yang kokoh, keimanan yang selalu dipupuk dengan muroqobatulloh, merasa takut dengan murka dan adzabNya dan selalu mengharap limpahan karunia dan maghfirohnya.
atau sebagaimana didefinisikan oleh para ulama. Taqwa adalah hendaklah Alloh tidak melihat kamu berada dalam larangan-larangaNya dan tidak kehilangan kamu dalam perintah-perintahNya.
sebagian ulama lain mendefinisikan taqwa dengan mencegah diri dari adzab Alloh dengan membuat amal sholeh dan takut kepadaNya dikala sepi atau terang-terangan

Perhatian Al-Qur'an terhadap sifat taqwa begitu besar, perintah dan sokongan untuk melaksanakannyapun banyak kita temukan dalam ayat-ayatnya, bahkan bila kita bacakan al-Qur'an hampir di setiap halaman kita menemukan kalimah taqwa.
Para sahabat dan salafusholeh yang memahami betul tuntunan al-Qur'an, mempunyai perhatian besar terhadap taqwa, mereka terus mencapai hakikatnya saling bertanya satu sama lain dan berusaha untuk mendapatkannya. Dalam satu riwayat yang shohih disebutkan bahawa Umar bin Khottob bertanya kepda Ubai bin Ka'ab tentang taqwa. Ubai menjawab :
Bukankah anda pernah melewati jalan yang penuh duri
"Ya " jawab Umar
"Apa yang anada lakukan saat iyu"
"Saya bersiap-siap dan berjalan dengan hati-hati"
"Itulah taqwa"
berpijak pada jawaban Ubai bin Ka'ab atas pertanyaan Umar bin Khottob tersebut, Sayyid Qutb berkata dalam tafsir "Fi Zhilalil Qur'an"
itulah taqwa, kepekaan batin, kelembutan perasaan, rasa takut terus menerus, selalu waspada dan hati-hati jangan sampai kena duri jalanan...jalankehidupan yang selalu ditaburi duri-duri godaan dan syahwat, kerakusan dan angan-angan, kehawatiran dan keraguan serta harapan semu atas segala sesuatu yang tidak bisa diharapkan, ketakutan palsu dari sesuatu yang tidak pantas untuk ditakuti...dan masih banyak duri-duri yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar